Daftar Penyimpanan Data Online Gratis

Penyimpanan Data Online Gratis
Simpan foto, video, dan musik secara online gratis


Jika ponsel kamu penuh dengan foto dan video, atau kamu perlu mencadangkan file-file penting, kamu dapat menggunakan layanan penyimpanan online gratis.


Apa itu penyimpanan online?

Sistem penyimpanan online, atau seperti yang dikenal juga dengan layanan 'cloud', memungkinkan kamu untuk menyimpan media digital online dengan mengunggah melalui komputer atau perangkat seluler. Meskipun ditransfer dan dapat diakses melalui web, data sebenarnya disimpan secara fisik di server, seringkali dimiliki oleh siapa pun yang menyediakan layanan tertentu yang kamu gunakan (Seperti: Google, Microsoft, dll).

Bagaimana cara kerjanya?

Menyimpan foto, video, dokumen, dan file lainnya secara online hingga dapat memiliki banyak ruang penyimpanan, namun masih memungkinkan kamu untuk mengakses dan melihatnya di smartphone, tablet, atau komputer.

Setelah kamu mendaftar lalu mengunduh dan menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang relevan, kamu dapat membuat cadangan file secara manual atau menyesuaikan pengaturan sehingga folder tertentu (seperti kamu menyimpan fotomu, misalnya) didukung secara otomatis. Kamu kemudian dapat menghapus file yang sudah dicadangkan dari perangkatmu untuk menghemat ruang penyimpananmu.

Kamu juga dapat mengakses filemu melalui web browsermu dengan masuk ke akun penyimpanan online di situs web perusahaan terkait.

Sebagian besar layanan memungkinkan kamu berbagi foto, video, dan dokumen dengan teman dan keluarga dengan membuat tautan khusus juga.

Di bawah ini kami mencantumkan opsi penyimpanan online gratis teratas, termasuk tempat terbaik untuk menyimpan foto dengan resolusi lebih tinggi. Tidak ada batasan untuk jumlah yang dapat kamu gunakan - jadi tergantung pada seberapa banyak ruang yang kamu butuhkan.

Apakah ini aman?

Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan penyimpanan cloud adalah keamanan, karena kamu mengandalkan layanan untuk menjaga keamanan file. Jika akunmu diretas, ada kemungkinan file yang disimpan di sana bisa dicuri dan digunakan untuk orang-orang seperti pencurian identitas, jadi selalu pertimbangkan risikonya sebelum mengunggah apa pun yang berisi info sensitif.

Perusahaan penyimpanan cloud biasanya menggunakan enkripsi untuk menjaga informasimu aman dan verifikasi dua langkah untuk memastikan orang yang tepat memiliki akses ke akun.

Enkripsi mengacak datamu sehingga siapa pun yang tidak berwenang tidak dapat mengaksesnya. Kekuatan enkripsi ada di tiga level, mulai dari 128-bit, naik ke 192-bit dan dengan 256-bit sebagai yang paling aman. Verifikasi dua langkah melibatkan pengiriman pemberitahuan atau pesan teks ke ponselmu yang akan memintamu untuk merespons atau memasukkan kode ketika masuk atau mengubah akunmu untuk membuktikan bahwa kamu adalah pemegang akun yang sah.

Berapa banyak yang kamu butuhkan?

Tingkat penyimpanan yang kamu perlukan tergantung pada apa yang kamu akan menggunakannya. Jika kamu biasanya hanya mencadangkan dokumen dan email, maka 5GB akan cukup untuk sebagian besar. Jika kamu ingin mencadangkan foto, musik, atau video, maka kamu mungkin akan membutuhkan lebih banyak.

Tidak mungkin untuk memperkirakan dengan tepat berapa banyak file yang dapat kamu simpan dalam jumlah yang ditentukan, karena sangat tergantung pada resolusi foto / video dan kualitas file musikmu.

Sebagai pedoman umum, 10GB harus memungkinkan sekitar 2.500 foto resolusi tinggi, sekitar satu jam video full-HD ATAU 2.500 lagu.

Penyimpanan online 'akses mudah' gratis

Ada banyak layanan penyimpanan online yang tersedia, dengan banyak yang menawarkan ruang kosong - biasanya 15GB atau kurang. Mereka sebagian besar serupa dalam apa yang mereka miliki, walaupun beberapa memiliki fungsi khusus. Tidak ada batasan untuk jumlah yang dapat kamu gunakan - daftar untuk itu semua dan kamu dapat mengambil puluhan GB untuk saat ini. Namun berhati-hatilah layanan ini dapat dan memang mengubah jumlah penyimpanan gratis yang mereka tawarkan, meskipun mereka biasanya akan memberi kamu banyak peringatan sebelumnya.


GOOGLE DRIVE

Jika kamu memiliki akun Google (misalnya, Jika kamu pengguna Gmail), kamu dapat menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan mengakses file di mana pun kamu berada. Akun Google gratis untuk dibuat. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: 15GB penyimpanan gratis. Itu mendapatkan tiga layanan Google - Google Drive, Gmail dan Google Photos (untuk foto beresolusi tinggi - Google Photos memberikan penyimpanan tanpa batas gratis untuk foto 16 megapiksel atau kurang). 

Ruang penyimpanan dapat di upgrade 100GB hingga 30TB. Dapat diakses melalui: Browser, desktop komputer, perangkat iOS dan Android.

Ada yang lain?

Karena Google Drive menggunakan detail login akun Google yang kamu miliki, kamu akan menyimpannya dengan aman. Google juga menawarkan beberapa tips utama untuk membuat akunmu lebih aman.

Dengan Google Drive yang mencakup tiga layanan, pertimbangkan bagaimana memanfaatkan penyimpanan secara maksimal. Ini juga memiliki layanan konversi PDF ke Google Docs dokumen.


BOX

Meskipun lebih diarahkan pada bisnis, rencananya Box akan menawarkan pribadi juga.

Kamu dapat menginstal aplikasi desktop untuk menyinkronkan antara hard drive komputer dan akunmu, atau mengunduh aplikasi seluler untuk mengunggah dan mengakses file secara online dari smartphone atau tablet. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: 10GB dengan batas ukuran file individual 250MB. Kamu juga dapat mengupgradenya 100GB, dan batas ukuran file meningkat 5GB. Bandingkan ini dengan yang lain. 

Diakses melalui: aplikasi iOS, Android, Windows Phone dan Blackberry, aplikasi desktop Windows dan MacOS. Box for Office juga memungkinkan kamu membuka, mengedit, dan menyimpan file di Box dari dalam program Microsoft Office.

Ada yang lain?

Box menawarkan kemampuan untuk berbagi file melalui tautan dengan kata sandi, tanggal kedaluwarsa, dan akses unduh terbatas, serta menugaskan tugas, meninggalkan komentar, dan mendapatkan pemberitahuan ketika file diubah. Ini membuatnya sangat berguna jika kamu menyimpan dan mengakses file untuk kerja kolaboratif secara teratur.


ONEDRIVE

Populer dengan tim teknologi MSE, OneDrive (sebelumnya SkyDrive) adalah penawaran penyimpanan online gratis Microsoft. Kamu harus memiliki akun Outlook.com (sebelumnya Hotmail atau Live Mail), tetapi karena layanan email ini gratis, ada baiknya kamu mengaturnya hanya untuk penyimpanan gratis. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: 5GB. Pelajar mendapatkan penyimpanan gratis 1TB. 

Dapat di upgrade 50GB, 1TB, hingga 6TB. 
Diakses melalui: iOS, Android, Windows Phone dan Windows PC, Blackberry, OS X.

Ada yang lain?

Kamu bisa berbagi folder OneDrive dengan membuat tautan. Folder-folder ini kemudian dapat dilihat oleh siapa saja yang kamu bagikan tautannya. Kamu dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk tautan tersebut sehingga folder bersama hanya dapat dilihat oleh orang lain untuk jangka waktu tertentu.


AMAZON DRIVE

Mengikuti jejak Google dan Microsoft, raksasa belanja online Amazon menjalankan layanan penyimpanan berbasis cloud ‘AMAZON DRIVE’, dan cukup mudah digunakan. 

Apa yang didapatkan secara gratis: Siapa pun yang memiliki akun Amazon dapat memperoleh penyimpanan 5GB gratis untuk foto, video, musik, dan dokumen. Jika kamu adalah pelanggan Amazon Prime, kamu mendapatkan penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto serta penyimpanan gratis 5GB untuk video, musik, dan dokumen. 

Kamu bisa mendapatkan berbagai upgrade untuk penyimpanan gratis 5GB, mulai 100GB hingga 30TB.

Diakses melalui: Untuk semua file - web browser, iOS dan Android. Hanya untuk foto - iOS, Android, MacOS dan Windows.


APPLE ICLOUD

Jika kamu pengguna iPhone atau iPad, kemungkinan besar kamu menggunakan Apple iCloud untuk mencadangkan setidaknya beberapa datamu. Ini terintegrasi dengan baik ke iOS - meskipun juga berjalan di Mac dan sekarang Windows - dan secara otomatis memperbarui dan menyimpan file di semua perangkat yang terhubung. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: Versi gratis ini dilengkapi dengan penyimpanan 5GB yang dapat kamu gunakan untuk membuat cadangan foto, video, mail, catatan, kalender, data aplikasi, kontak, dan dokumen. Jika kamu menyimpan gambar atau video meskipun kamu akan dengan cepat kehabisan ruang, dalam hal ini kami akan merekomendasikan salah satu layanan penyimpanan foto gratis APPLE ICLOUD yang menyediakan 50GB, 200GB hingga 2TB ruang penyimpanan.  

Diakses melalui: Terintegrasi ke iOS dan OS X; Windows. iCloud tidak tersedia untuk perangkat Android.

Ada yang lain?

iCloud membutuhkan iOS 5 atau lebih baru pada iPhone 3Gs atau lebih baru, iPod touch (generasi ke-3 atau lebih baru), iPad atau iPad mini; Mac dengan OS X Lion 10.7.5 atau lebih baru; PC dengan Windows 7 atau lebih baru.

Fitur iCloud tambahan termasuk Family Sharing - yang memungkinkan hingga enam keluarga untuk berbagi pembelian iTunes, iBooks dan App Store, dan foto - dan Find My iPhone, jika kamu kehilangan ponsel atau perangkat Apple, yang memungkinkan kamu melacaknya.


DROPBOX

Diluncurkan kembali pada 2008, Dropbox adalah salah satu nama terbesar dalam penyimpanan online. Cara termudah untuk menggunakannya adalah dengan menginstalnya di mesin / perangkat milikmu, yang memungkinkan untuk pencadangan otomatis melalui aplikasi selulernya (atau folder) di desktop. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: Dengan akun Dropbox Basic kamu mendapatkan 2GB gratis, meskipun ini dapat ditingkatkan dengan merujuk orang lain ke Dropbox. Untuk setiap orang yang mendaftar melalui tautanmu, Kalian berdua akan mendapatkan 500MB ekstra, hingga maksimum 16GB. 

Kamu dapat meningkatkan ke Dropbox Plus yang memberikan penyimpanan hingga 1TB.  

Diakses melalui: Browser, iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, MacOS dan Windows. Dropbox menggunakan verifikasi dua langkah (dalam bentuk teks ke ponsel) untuk login dari perangkat baru.


BT CLOUD

Semua pelanggan broadband BT - standar atau Infinity - mendapatkan ruang penyimpanan dengan BT Cloud. Mengingat bahwa BT menangkap sekitar sepertiga dari pasar broadband Inggris, banyak pelanggan dengan penyimpanan gratis untuk memanfaatkannya (dan tidak banyak yang tahu tentang itu). 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: Kamu mendapatkan 10GB, 200GB atau 1.000GB tergantung pada paket broadbandmu. 

Diakses melalui: iOS, Android, Windows Phone, MacOS dan Windows. Rincian lengkap tentang cara mengatur BT Cloud, ditambah FAQ BT Cloud.


GOOGLE PHOTOS

Sementara secara teknis terintegrasi ke Google Drive, lebih mudah untuk langsung pergi ke Google Photos jika kamu ingin menyimpan hanya gambar dan video. Ini juga akan membantu mengatur fotomu, dan penuh dengan fitur bagus untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan berguna dengannya. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: Penyimpanan foto tanpa batas 16 megapiksel dan video dengan resolusi 1080p atau lebih rendah. Google Photos akan mengkompres file yang lebih besar dari ini, jika kamu ingin mempertahankan kualitasnya juga bisa. 

Jika kamu cenderung mengambil foto atau video beresolusi sangat tinggi (seperti 4K), maka kamu dapat menyimpannya di Google Photos, tetapi mereka akan memiliki penyimpanan Google Drive 15GB gratis. 

Diakses melalui: browser, aplikasi iOS dan Android, MacOS dan Windows.

Ada yang lain?

Fitur cadangan otomatis opsional menyimpan foto dan video yang ada di perangkatmu. Setelah diaktifkan, fungsi ini juga akan menyimpan setiap foto atau video yang kamu ambil dengan ponselmu.

Google Photos Assistant mengatur dan mengurutkan fotomu berdasarkan tanggal dan lokasi, ke dalam album, koleksi, dan 'cerita'. Ia bahkan dapat mendeteksi wajah-wajah tertentu dan menyimpulkan peristiwa, memungkinkan kamu untuk mencari berdasarkan kata kuncinya.


FLICKR

Sekarang dimiliki oleh platform penyimpanan foto SmugMug, Flickr mungkin merupakan situs hosting foto paling terkenal di dunia. Lebih seperti jejaring sosial daripada fasilitas penyimpanan, fokusnya adalah menyortir dan berbagi foto, meskipun kamu dapat menggunakannya hanya untuk membuat cadangan jika diinginkan. 

Apa yang kamu dapatkan secara gratis: Siapa pun dengan akun Yahoo gratis dapat mengunggah hingga 1.000 foto atau video (sebelumnya kamu mendapat ruang 1TB, tetapi ini berubah pada bulan Januari). Satu kelebihan dari Google Photos, Flickr tidak ada batasan untuk resolusi gambar dan video yang di unggah. 

Jika kamu membayar: Kamu akan mendapatkan penyimpanan tanpa batas dengan Flickr Pro, yang juga memberi pengguna statistik canggih pada foto dan penelusuran / berbagi bebas iklan. 

Diakses melalui: Browser, iOS dan Android, MacOS dan Windows (hanya anggota Flickr Pro).

Ada yang lain?

Flickr sangat diarahkan untuk berbagi foto dengan orang lain, yang merupakan salah satu alasan mengapa ini populer di kalangan fotografi. Ini juga menawarkan pengeditan gambar yang sangat mendasar dan beberapa filter (meskipun tidak seperti skala Instagram).

Seperti dengan Google Photos, Flickr menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk mengatur foto agar lebih mudah dicari melalui perpustakaan foto. Aplikasi Flickr juga memiliki fitur cadangan otomatis sehingga setiap pemotretan yang kamu lakukan disimpan di cloud, tetapi ini hanya tersedia untuk anggota Flickr Pro.


Mengamankan penyimpanan onlinemu agar tetap aman

Baik itu fotomu, foto pacarmu, foto kenangan bersama mantanmu, data informasi keuanganmu, atau hanya video kucing favoritmu yang kamu simpan online, kamu perlu mengambil langkah-langkah untuk menjaga keamanan data milikmu.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengamankannya, dan mengamankan informasimu, aman dari pengguna online yang lebih licik:
  • Amankan kata sandimu. Ubah kata sandimu secara teratur dan jangan gunakan kata sandi yang sama di beberapa situs web. Jika peretas memecahkan satu kata sandi itu menyebalkan, tetapi jika mereka mengakses semua akun online milikmu, itu bisa menjadi mimpi buruk. Karena banyak situs menggunakan emailmu sebagai ID login, menggunakan kata sandi yang sama meningkatkan risiko keamananmu.
  • Jangan gunakan kata sandi yang dapat diprediksi.  Menggunakan nama keluarga atau hewan peliharaan atau tanggal lahir adalah hal biasa, tetapi peretas dapat mengakses beberapa data ini dari sumber publik seperti Facebook. Pilih kata sandi aman menggunakan kombinasi kata dan angka kunci.
  • Gunakan pengelola kata sandi. Jika kamu kesulitan mengingat sejumlah besar kata sandi, gunakan brankas kata sandi atau pengelola kata sandi untuk menyimpannya dengan aman secara online. Yang harus kamu lakukan adalah mengingat kata sandi utama dan mengambil yang lain ketika kamu membutuhkannya.
  • Nonaktifkan unggahan otomatis. Jika kamu khawatir tentang info atau foto sensitif, matikan fungsi unggah otomatis pada layanan seperti Dropbox atau Google Photos. Layanan ini secara otomatis menyimpan versi cadangan dokumenmu di cloud tetapi tidak membedakan antara foto dan file sehari-hari dan yang kamu benar-benar tidak ingin jatuh ke tangan yang salah.
  • Selalu perbarui perangkat lunak antivirus.  Peretas terus-menerus mengembangkan bug komputer baru yang jahat sehingga kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki perangkat lunak antivirus dan anti-spyware yang layak dan bahwa itu mutakhir. 
  • Hindari email phishing untuk mencegah nasties. Virus dan malware sering menyelinap menyamar sebagai lampiran lain, jadi pastikan bahwa semua file yang kamu unduh dan buka berasal dari sumber yang dapat diandalkan / dipercaya. 



EmoticonEmoticon